By Published On: 12/11/2023Categories: Berita

Pada hari Sabtu, 11 November 2023, telah diselenggarakan webinar yang sangat informatif mengenai pelatihan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 250 peserta yang berminat dalam mengembangkan keterampilan mereka dalam menyusun proposal penelitian yang berkualitas.

Webinar dibuka oleh pengurus APTFI bidang riset dan kerjasama, Prof. Dr. apt. I Ketut Adnyana., M.Si, Ph.D selaku wakil ketua dan apt. Abd Malik., M.Sc, Ph.D selaku wakil sekretaris.

Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Heni Rachmawati., M.Si yang dalam presentasinya, menyoroti strategi menggali ide dan potensi judul penelitian sesuai SKM penelitian dan pengabdian. Fokusnya pada pemahaman state of the art penelitian dan pengabdian masyarakat. Beliau menekankan pentingnya menyelaraskan judul dengan kebutuhan masyarakat dibidang riset kesehatan. Presentasi juga membahas pembuatan roadmap untuk memandu tahapan penelitian, pentingnya peran kreativitas dalam menyusun proposal yang inovatif. Ringkasnya, presentasi ini memberikan pandangan holistik bagi peneliti dalam merencanakan proyek yang relevan dan berdampak.

Baca Juga:  Sukses Besar! APTFI Gelar Rapat Anggota Tahunan dan Sosialisasi Program Kerja di Batam

Prof. rer.nat. Nanang Fakhrudin, M.Si., apt. mengisi pada sesi kedua, memberikan penekanan pada ketaatan terhadap format penelitian sesuai panduan terbaru. Beliau membagikan trik dan teknik penyusunan proposal dan pengabdian yang efektif, poin-poin kunci yang harus dipertimbangkan. Materi ini memberikan wawasan mendalam mengenai tata cara penulisan proposal yang sesuai standar, dengan fokus pada aspek-aspek praktis yang dapat meningkatkan kualitas dan daya saing proposal penelitian dan pengabdian masyarakat.

Prof. Dr. Sukardiman, MS., apt., sebagai narasumber sesi terakhir webinar, membahas langkah-langkah self-assessment proposal hibah sebelum disubmit. Beliau memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan proposal secara mandiri sebelum pengajuan. Prof. Sukardiman menyoroti aspek-aspek kritis, seperti keterkaitan dengan tujuan hibah, metodologi, dan dampak proyek. Sesi ini memberikan wawasan praktis bagi peserta untuk memastikan bahwa proposal mereka memenuhi standar tertinggi sebelum diajukan, meningkatkan peluang sukses dalam mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam webinar ini Peserta diajak meresapi pengetahuan baru seputar identifikasi permasalahan, ketaatan format, dan self-assessment proposal. Diharapkan, pemahaman yang diperoleh akan memacu peserta untuk merancang proyek penelitian dan pengabdian masyarakat yang inovatif.

Share This News, Choose Your Platform!

Berita terkait lainnya